Pesona Rempah-Rempah Asli Indonesia

Diposkan oleh Shalomitha on Wednesday, July 23, 2014

Share on :
Pesona Rempah-Rempah Asli Indonesia
Inspiring - Ladies yang hobi memasak pasti sudah tahu betul pesona bumbu dan rempah Indonesia. Bahkan jika Anda melihat ke sejarah bangsa kita, rempah-rempah lah yang mengundang bangsa lain untuk datang ke Indonesia beberapa abad lalu. Bumbu dan rempah ini pulalah yang berperan sangat penting bagi dunia kuliner dan kesehatan keluarga.

Bumbu terbagi menjadi dua jenis, yakni bumbu segar dan rempah kering. Yang termasuk bumbu segar antara lain kunyit, kencur, temu kunci, jahe, serai, bawang, cabai, daun bawang dan sebagainya. Sedangkan golongan rempah kering adalah kayu manis, lada, pala, jinten, kapulaga dan sebagainya. Lalu, apa saja sih manfaat bumbu rempah Indonesia.

Biji Pala (Myristica fragrans)

Biji Pala bersifat anti emetic, yang dapat mengatasi masalah mual dan muntah. Khasiat pala juga tidak hanya terbatas pada bijinya saja, tapi juga kulit, daging, sampai bunganya. Biji pala berkhasiat untuk mengatasi sulit tidur, sakit kepala, telinga sakit, hingga sakit maag. Tapi tidak hanya sebagai obat, biji pala juga bisa digunakan untuk menambah aroma dan rasa pada kue atau semur daging.

Cengkeh (Syzygium aromaticum)

Cengkeh biasanya digunakan untuk penambah rasa pedas pada makanan atau rokok. Selain itu karena bersifat antiseptic dan analgesic, cengkeh berkhasiat untuk meredakan sakit gigi, sinusitis, dan sebagai aromatherapy mengatasi rasa mual.

Kayu Manis (Cinnamomum verum)

Kayu manis memiliki aroma dan rasa yang enak. Karena aromanya yang khas, kayu manis sering ditambahkan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan. Sebagai obat, kayu manis berkhasiat untuk mengontrol gula darah, mengurangi kadar kolesterol jahat, anti infeksi, meringankan sakit pada penderita rematik dan perut kembung.

Kunyit atau Kunir (Curcuma domestica Vahl.)

Kunyit adalah tanaman rimpang yang sangat mudah tumbuh di Indonesia. Kunyit ini merupakan bumbu dasar dari berbagai masakan Asia seperti kari, rendang, dan minuman herbal seperti jamu. Tidak hanya itu, kunyit dan kunir juga dimanfaatkan sebagai lulur dan masker. Kunyit memiliki manfaat “antibiotik” sehingga mampu menjaga kesehatan pencernaan serta memelihara kesehatan rahim dan kulit.

Lada Hitam (Piper Ningrum)

Lada hitam tidak hanya dikenal sebagai bumbu untuk menyedapkan hidangan berbahan daging, tapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Beberapa diantaranya adalah untuk menyehatkan jantung, pencernaan, liver serta sebagai anti depresan. Selain menjadi salah satu bumbu penyedap, lada hitam bisa juga dikonsumsi sebagai pelengkap minuman, seperti yang dilakukan penduduk India, yaitu menambahkan lada hitam yang dihaluskan ke dalam secangkir kopi hitam.

Wah ternyata banyak sekali ya rempah asli Indonesia yang membuat makanan khas lebih bercita-rasa sekaligus menyehatkan badan Anda. Yuk kembali memanfaatkan bahan alami dari negeri sendiri untuk kebutuhan sehari-hari!